Bergabung di Chanel Telegram Untuk Dapat Update terbaru !

Survei Kinerja Satuan Tugas Data Pokok Pendidikan SMA



OPS BUKAL - Postingan kali ini di Khususkan Kepada Rekan Rekan Operator SMA, sesuai dengan judul postingan yaitu Survei Kinerja Satuan Tugas Data Pokok Pendidikan SMA, Rekan Rekan Operator SMA di minta untuk ikut Berpartisipasi Aktif mengisi Survei Kinerja Satgas Data Pokok SMA yang di buat oleh TIM SATGAS DAPODIK SMA.


Survey ini di Buat untuk mengumpulkan materi dan bahan untuk evaluasi, untuk lebih jelasnya lagi berikut penjelasan yang saya ambil dari web http://psma.kemdikbud.go.id

[Survei Kinerja Satuan Tugas Data Pokok Pendidikan SMA]

Permendikbud no. 79 Tahun 2015 Tentang Data Pokok Pendidikan (Dapodik) menyatakan bahwasannya Hasil pengumpulan  data melalui Dapodik merupakan satu-satunya acuan dalam pelaksanaan kegiatan, kajian, dan pengambilan keputusan terkait entitas pendidikan yang ditata. 

Merujuk pada Permendikbud tersebut maka pada saat ini Direktorat Pembinaan SMA telah menggunakan data dari Dapodik sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan dan transaksional program-program untuk sekolah, seperti BOS, KIP, bantuan dan lain sebagainya. Dengan demikian, maka kelengkapan dan keakuratan/kevalid-an data yang diisikan dalam Dapodik menjadi poin penting dan kunci agar kebijakan yang diambil dapat tepat sasaran dan transaksi-transaski dapat berjalan lancar dan sukses.

Oleh karenanya Direktorat Pembinaan SMA melakukan upaya-upaya untuk membantu dan mendorong sekolah untuk secara terus menerus memperbaiki kualitas data Dapodik-nya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membentuk Satuan Tugas Data Pokok SMA (SATGAS DATA POKOK SMA) yang tertuang melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 267/KEP.D/PD/2017 tentang Penetapan Tim Satuan Tugas Data Pokok Pendidikan Pada Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Tahun 2017

Tim SATGAS Data Pokok SMA ini terdiri dari unsur :
  • Pelaksana Pusat (Direktorat Pembinaan SMA, PDSPK, Setditjen Dikdasmen),
  • Perwakilan Bidang Informasi/Data LPMP, 
  • Bidang SMA Dinas Pendidikan Provinsi, dan 
  • Operator Dapodik SMA di 34 Provinsi seluruh Indonesia.
Tugas dari Satgas Data Pokok SMA adalah membantu meningkatkan layanan dan dukungan teknis implementasi pendataan Dapodik melalui pendampingan dan asistensi terhadap Satuan Pendidikan agar data Dapodik SMA semakin lengkap dan valid dalam mendukung suksesnya program-program Direktorat Pembinaan SMA.

Direktorat Pembinaan SMA senantiasa melakukan pembinaan dan evaluasi terhadap kinerja dari Tim Satgas Data Pokok SMA ini. Maka dalam rangka mengumpulkan materi dan bahan untuk evaluasi, Direktorat Pembinaan SMA merilis Survey yang menyasar para Operator Dapodik di Sekolah Menengah Atas. 

Karena itu para Operator Dapodik SMA diminta untuk berperan serta aktif dengan mengisi survey ini. 
Hasil dari survey ini akan digunakan sebagai bahan analisa dalam meningkatkan layanan Tim Satgas Data Pokok SMA.

Berikut ini Alamat Survey : 


Selamat Bekerja 
#SalamSatuData

Mau donasi lewat mana?

-----
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol disamping.
Operator Sekolah, Opreker, Blogger

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai Postingan.
Komentar yang anda berikan adalah tanggapan pribadi,
kami berhak menghapus semua komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Tandai Beri tahu saya untuk mendapatkan informasi balasan.