Bergabung di Chanel Telegram Untuk Dapat Update terbaru !

Cara Download File DZ dari web PDUN 2018

Cara Download File DZ dari web PDUN  - OPS BUKAL
OPS BUKAL - Kali ini saya ingin sharing tulisan yang berjudul Cara Download File DZ dari web PDUN, postingan ini saya buat karena saya melihat ada beberapa rekan-rekan Operrator sekolah baru yang belum mengetahui Prosedur atau tata Cara melakukan Pendataan Peserta UN. 

Salah Satunya adalah Melakukan Unduh File DZ dari Web PDUN Kemdikbud, untuk itu marilah kita simak bersama bagaimana Cara Download File DZ dari web PDUN  Berikut ini :

Download file dz dapat dilakukan dari website pdun di stus resminya website pdun.data.kemdikbud.go.id dengan langkah langkah sebagai berikut :

1. buka web http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ dengan tampilan sebagai berikut :
Cara Download File DZ dari web PDUN  - OPS BUKAL
2. Lakukan login dengan menggunakan username dan pasword dapodik anda apabila jika tidak bisa login, coba diulangi lagi dengan mengetikkan ulang username dan pasword anda atau dengan menggunkan Kode Registrasi Sekolah.
Cara Download File DZ dari web PDUN  - OPS BUKAL
3. Setelah berhasil Login ke Web PDUN, langkah selanjutnya adalah memilih Tab Calon Peserta UN dan pilih Unduh File Calon Peserta UN seperti pada gambar berikut ini :


dan pilih sesuai gambar berikut ini
Cara Download File DZ dari web PDUN  - OPS BUKAL

4. Akan muncul pengecekan Pastikan data siswa calon peserta UN sudah lengkap dan valid, gunanya untuk memastikan bahwa data siswa calon peserta UN sudah lengkap dan valid  sebelum file ini diberikan ke panitia UN Dinas Kab/Kota 


Cara Download File DZ dari web PDUN  - OPS BUKAL


Jika masih ada yang bermasalah atau tidak sesuai maka harus segera perbaiki melalui aplikasi dapodik serta jika ada perubahan yang tidak bisa di dapodik, lakukan perubahan di verval pd di situsnya vervalpd.data.kemdikbud.go.id)
5. selanjutnya Silahkan pilih ya agar file DZ sekolah anda dapat disimpan

6. carilah file DZ yang sudah terunduh tadi dan simpan anda di folder yang telah anda siapkan misalnya di folder khusus Pendataan UN.

7. Pastikan juga bahwa nama file dz yang kita download tidak terdapat tanda Kurung " ( )" contoh  69880253-SMK_NEGERI_1_BUKAL (1).dz

jika terdapat maka Silahkan dihapus tanda kurung dan nomornya menjadi 69880253-SMK_NEGERI_1_BUKAL.dz , hal ini biasanya terjadi jika anda pernah download beberapa kali biasanya akan otomatis menambah nomot didalam kurung

Sampai di tahap ini anda sudah berhasil mengunduh file dz dari web PDUN, selanjutnya silahkan upload file dz anda yang sudah valid ke website bioun online atau untuk di serahkan kepada pihak dinas terkait jika diminta.

Mau donasi lewat mana?

-----
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol disamping.
Operator Sekolah, Opreker, Blogger

4 komentar

  1. mau bertanya

    setelah uplod di BIOUN SMP dan divalidasi terdapat keterangan "NPSN 20313866 proses download file dz belum dilakukan !!" mohon pencerahannya??

    trims...
    1. sudah download file DZ dari PDUN ?
  2. saaat kita donwlod file DZ pada pdun tp filex tidak bssa di buka,, gmna cara suhu paya bisa di buka
  3. File DZ emang gk bisa di buka pak.
Berkomentarlah sesuai Postingan.
Komentar yang anda berikan adalah tanggapan pribadi,
kami berhak menghapus semua komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Tandai Beri tahu saya untuk mendapatkan informasi balasan.