Bergabung di Chanel Telegram Untuk Dapat Update terbaru !

Cara Melakukan Tarik Peserta Didik Baru Dapodik Versi 2020

OPS BUKAL - Pada tanggal 19 Agustus 2019, Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 telah resmi di rilis, pertanda tugas operator pendataan sudah mulai,diawali dari mengisi data rinci sekolah, data sarana dan prasarana, meluluskan siswa pada tingkat akhir, input peserta didik baru/ penarikan peserta didik dari jenjang sebelumnya, pembuatan rombongan belajar, maping peserta didik pada rombongan belajar, pengisian jadwal pembelajaran, dan lain-lain.
Fitur tarik peserta didik baru masih menggunakan alur yang sama seperti semester sebelumnya tetapi dengan antar-muka aplikasi yang lebih baru, berikut ini saya akan memberikan cara Melakukan Tarik Peserta Didik Baru
Cara Tarik Peserta Didik Baru/ Mutasi :

2. Setelah itu login menggunakan username dan password Dapodik.


3. Setelah berhasil login petugas pendataan akan diarahkan ke tampilan halaman utama (beranda). Pastikan informasi akun yang ditampilkan benar datanya. Jika benar, klik tombol “Kelola Data Pokok” untuk melakukan tarik/tambah peserta didik.

4. Klik menu “Peserta Didik” lalu pilih tombol “Tambah Peserta Didik” seperti pada gambar di bawah.


5. Pilih Tarik PD Dapodik pada pilihan sumber data lalu pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan sekolah asal. Setelah melakukan pilihan klik tombol “ Tampilkan “ untuk memunculkan data peserta didik yang telah lulus.

6. Cari nama peserta didik yang dimaksud, setelah ditemukan pilih data peserta didik dengan mencentang kotak di kiri data peserta didik.


7. Jika telah mencentang dan memilih data peserta didik yang dimaksud selanjutnya klik tombol “ Simpan “ seperti gambar di bawah.


Jika proses sudah dilakukan maka tampil pemberitahuan seperti gambar di atas. Langkah selanjutnya adalah melakukan singkronisasi, supaya perubahan data tersebut bisa masuk ke aplikasi kita. Registrasi siswa, merubah data rincian peserta didik pada aplikasi dapodik sesuai keadaan yang sebenarnya, seperti jarak ke sekolah, waktu tempuh ke sekolah, berat badan, dan lain-lain.

Sekian informasi tentang Cara Melakukan Tarik Peserta Didik Baru  Dapodik Versi 2020,Semoga Bermanfaat

Mau donasi lewat mana?

-----
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol disamping.
Operator Sekolah, Opreker, Blogger

2 komentar

  1. punya saya sudah centang sebanyak 140 siswa tapi pas singkron yang masuk ke aplikasi saya cumn 45.. apakah yang lainnya harus centyang ulang atau nunggu dulu 2 sampai 3 hari.
    1. Tarik ulang lagi, usahkan jangan sekalian tariknya,
      dan harus 1 Halaman saja.
Berkomentarlah sesuai Postingan.
Komentar yang anda berikan adalah tanggapan pribadi,
kami berhak menghapus semua komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Tandai Beri tahu saya untuk mendapatkan informasi balasan.