Bergabung di Chanel Telegram Untuk Dapat Update terbaru !

Pengertian Tektonisme dan Macam Gerak Tektonisme

Pengertian tektonisme dan macam gerak tektonisme – Dalam tenaga endogen terdapat yang namanya tektonisme. Tahukah kamu apa itu tektonisme? Seperti apa itu gerak tektonisme? Bagi teman-teman yang belum tahu tentang apa yang dimaksud tektonisme, maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang definisi dari tektonisme ini. Dengan menyimak penjelasan tentang arti dari tektonisme ini diharapkan teman-teman bisa memahami tentang apa yang dimaksud dengan tektonisme. Selain membahas pengertian tektonisme di sindi juga kami jelaskan tentang macam macam tektonisme. Langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut ini.
Pengertian tektonisme dan macam gerak tektonisme Pengertian Tektonisme dan Macam Gerak Tektonisme

Pengertian Tektonisme

Tektonisme atau yang dikenal dengan diastropisme merupakan salah satu bagian dari tenaga endogen. Pengertian dari tektonisme adalah suatu gejala perubahan atau pergerakan kerak bumi dalam skala yang luas. Yang termasuk dalam gejala tektonisme yaitu patahan dan lipatan. Menurut teori tektonik lempeng, kerakbumi dikelompokan menjadi beberapa lempeng yang bergerak satu dengan lain, tetapi gerakan tersebut begitu lambat.

Akibat dari gerakan-gerakan tersebut, lempeng-lempeng tersebut dapat mengalami suatu perubahan-perubahan bentuk, misalkan menjadi lipatan-lipatan atau bergelombang maupun akhirnya bagian tertentu dari lempeng yang patah. Lipatan dapat terjadi karena adanya suatu gerakan yang lambat, namun secara terus menerus. Sedangkan patahan dapat terjadi karena adanya gerakan yang cepat dan secara tiba-tiba.

Macam macam Tektonisme

Jelaskan macam macam tektonisme? Seperti apa macam macam proses tektonisme? Nah berikut ini adalah macam macam gerak tektonisme dan penjelasannya.
  • Epirogenesa adalah suatu gerak yang membentuk benua dengan kecepatan gerak yang sangat lambat yang tidak kita sadari.
  • Orogenesa adalah suatu gerak yang membentuk patahan dan juga lipatan dalam kurun waktu yang begitu cepat dan luas pergerakannya (daerah) lebih sempit dibanding dengan epirogenesa.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian tektonisme dan macam gerak tektonisme. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan kita semua.

Mau donasi lewat mana?

-----
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol disamping.
Operator Sekolah, Opreker, Blogger

1 komentar

  1. terserah
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Berkomentarlah sesuai Postingan.
Komentar yang anda berikan adalah tanggapan pribadi,
kami berhak menghapus semua komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Tandai Beri tahu saya untuk mendapatkan informasi balasan.