Bergabung di Chanel Telegram Untuk Dapat Update terbaru !

AKM Kelas, teaching at the right level

OPS BUKAL - Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan menghapus Ujian Nasional (UN) diganti Asesmen Kompetensi. Asesmen nasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Diterapkannya kebijakan ini merupakan penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan dan peningkatan sistem evaluasi pendidikan. Tujuan utamanya mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah kompetensi yang benar-benar minimum, dimana melalui AKM kita bisa memetakan sekolah-sekolah di daerah berdasarkan kompetensi minimum yang harus dipersiapkan

Apa itu AKM Kelas?

AKM Kelas digunakan sebagai alat bantu guru di kelas untuk mendiagnosa hasil belajar setiap individu murid. Tujuannya adalah untuk merancang pembelajaran yang menyesuaikan tingkat kompetensi murid (teaching at the right level).


Apa saja yang bisa dilakukan di AKM Kelas?


AKM Kelas saat ini tersedia dalam platform aplikasi desktop dengan sistem operasi Windows dan aplikasi mobile dengan sistem operasi Android yang dapat digunakan guru dan siswa di sekolah. 

Apa saja fitur yang dapat digunakan di AKM kelas ini?



Unduh Soal AKM

Proktor sekolah dapat melakukan akses login ke Dasbor Proktor dan mengunduh Soal AKM yang akan digunakan di Windows maupun Android



Mengerjakan AKM Kelas

Siswa dapat mengerjakan soal-soal AKM menggunakan media komputer dengan sistem operasi 
Windows atau menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android.


Menskor Jawaban Siswa

Guru dapat dibantu proktor untuk melakukan skoring hasil jawaban siswa melalui dasbor sekolah


Melihat Hasil Skoring


Hasil skoring jawaban siswa berupa nilai AKM individu dapat langsung diunduh atau langsung dilihat untuk digunakan sebagai bahan evaluasi sekolah

Unduh Aplikasi AKM

Anda dapat mengunduh aplikasi AKM baik yang versi desktop (Windows) maupun versi mobile (Android). Silahkan baca terlebih dahulu informasi cara penggunaan yang tercantum di setiap aplikasi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan sekolah Anda


Hal Yang Sering Ditanyakan

  • AKM kelas bisa diikuti oleh seluruh siswa dari mulai jenjang SD hingga SMA dan SMK. Fungsi utama dari AKM Kelas adalah memberikan pengalaman kepada siswa dan guru sebelum melakukan AKM Nasional.
  • Proktor sekolah bisa login menggunakan username ANBK atau menggunakan login yang telah dimiliki ke halaman AKM Kelas, kemudian bisa melakukan download paket.
    Hasil download paket kemudian di Import ke Aplikasi Motivasi (Desktop) atau ke Aplikasi android yang telah didownload. Hasil pengerjaan siswa selanjutnya bisa diskoring dengan cara upload melalui dashboard proktor.
  • Anda bisa menggunakan laptop atau komputer dengan minimal RAM 1GB untuk mendapatkan performa lebih baik dengan space minimum yang tersedia 3GB.
  • Anda bisa menjalankan AKM kelas di Android dengan minimal ram 1GB dan dengan sistem operasi minimal Android 6.0 Marshmallow



Selengkapnya tentang AKM Kelas dapat lansung mengunjungi tautan berikut ini , Semoga Bermanfaat

Mau donasi lewat mana?

-----
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol disamping.
Operator Sekolah, Opreker, Blogger

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai Postingan.
Komentar yang anda berikan adalah tanggapan pribadi,
kami berhak menghapus semua komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Tandai Beri tahu saya untuk mendapatkan informasi balasan.